Haedar : Umat Islam Tidak Boleh Menjadi Umat yang Lemah dan Tertinggal

  • 13 Desember 2016
  • 14:38:11 WIB
  • 206 Kali Dilihat
  • Share

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan, bangsa Indonesia khususnya para elite sangat penting membuktikan kejujuran dan amanah dalam mengurus rakyat dan negara. 

"Saat ini bangsa Indonesia tengah dirundung banyak masalah, seperti korupsi dan lain-lain karena warga dan para pejabat publik serta pemimpinnya hilang kejujuran dan amanah," ujar Haedar saat dihubungi redaksi Muhammadiyah.or.id, Minggu (11/12).

Untuk itu, ujar Haedar dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H, umat Islam Indonesia diharapkan dapat meneladani sikap Nabi Muhammad dalam hal jujur dan amanah.

“Kejujuran dan amanah harus menjadi kesadaran bersama bangsa Indonesia sehingga menciptakan budaya kolektif. Nabi Muhammad juga harus menjadi uswah hasanah atau teladan yang baik dalam membangun peradaban. Dengan demikian Muslim dapat menjadikan Islam sebagai din al-hadlarahatau menjadi agama peradaban berkemajuan,” ujar Haedar.

Lanjut Haedar, umat Islam tidak boleh menjadi umat yang lemah dan tertinggal, namun harus menjadi khayra ummah atau umat unggulan.

“Jika ingin merebut peradaban maka umat Islam harus  berkemajuan. Sehingga sintesis antara umat atau bangsa berkarakter mulia dan berkemajuan menjadi kepentingan utama umat Islam dan bangsa Indonesia dalam meneladani Nabi akhir zaman,” tutup Haedar. (adam)