Muhammadiyah Akan Berikan Award Kepada Tiga Tokoh

  • 17 November 2017
  • 11:07:05 WIB
  • 52 Kali Dilihat
  • Share

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Ada yang menarik dari resepsi Milad Muhammadiyah ke 105 tahun. Milad Muhammadiyah kali ini mengusung tema Muhammadiyah Merekat Kebersamaan. Dan Resepsi milad Muhammadiyah ini akan dilangsungkan di Pagelaran Kraton Yogyakarta, pada Jumat (17/11).

“Muhammadiyah sudah menjadi bagian dari Yogyakarta, lahirnya pun juga dari kota Yogyakarta dan sejak dulu telah banyak bekerja sama dengan Kraton Yogyakarta,” kata Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah dalam acara Konferensi Persyang digelar di Aula Kantor PP Muhammadiyah, Kamis (16/11).

Menurut Haedar, dipilihnya Kraton sebagai tempat kegiatanjuga membuktikan bahwa secara natural Muhammadiyah punya sensitifitas terhadap kebudayaan. “Pandangan orang yang bias tentang Muhammadiyah yang terlalu modernis dan meninggalkan kebudayaan sehingga Muhammadiyah ingin menunjukkan bahwa Muhammadiyah tidak anti dan benci terhadap budaya,” imbuhnya.

Haedar juga menambahkan bahwa Muhammadiyah sejak tahun 2002 dengan pendekatan dakwah kultural mencoba memberi manfaat kepada masyarakat untuk memberi pengetahuan kolektif seputar budaya.

Selain itu, PP Muhammadiyah juga akan mengadakan Muhammadiyah Award, yang mana penghargaan tersebut akan diberikan kepada orang-orang yang memiliki jasa besar bagi persyarikatan. Diantaranya yakni Sri Sultan HB X, H. Roemani, salah satu warga biasa yang mempunyai dedikasi dan kedermawanan dalam membangun Rumah Sakit Muhammadiyah, dan yang terakhir penghargaan akan diberikan kepada Profesor Mitsuo Nakamura peneliti asal Jepang yang telah banyak meneliti perkembangan Islam, khususnya Muhammadiyah.(Syifa)